Ad Code

Responsive Advertisement

Pengantar Buku Diponegoro

Dalam perang Diponegoro, perang terbesar di pulau Jawa, yang dijuluki perang Jawa, pangeran Diponegoro atau Raden Mas Ontowiryo bin Hamangkubuwono ke-III ini merangkul dan merangsang semangat juang para tumenggung, abdi dalem keraton, Kyai dan ulama bahkan para rakyat biasa di Jawa. 

Sebelum masa pelarian para Prajurit Diponegoro karena sang Pangeran ditangkap dan diasingkan, perang besar banyak dilakukan di beberapa titik di Jawa tengah hingga perbatasan Jawa timur, saya pernah membaca di Bagelen sendiri di kisahkan oleh Pak Sudibyo di Grup Facebook "Babad Nusantara : Legenda rakyat Indonesia" pada 12 Des 2014, bahwa Banyak Tumenggung daerah Kutoarjo (Sekarang Purworejo) yang diberi tugas oleh Pangeran Diponegoro untuk memegang Wilayah. Ada Tumenggung Jaya berbangsa/ Djaja Prabongso yang dulunya Patih Kutoarjo beliau dengan tumenggung jaya dimejo memegang wilayah Jono. 

Ada juga Pangeran suryokusumo dan Tumenggung Jayadirejo memegang wilayah Jenar dan Tumenggung Cokrodaru memegang wilayah kemiri. 


Posting Komentar

0 Komentar