Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal apa itu Web API (Application Programming Interface)

Apa itu Web API ?

Web API (Application Programming Interface) adalah sebuah interface yang disediakan oleh penyedia data agar data yang di miliki dapat dimanfaatkan pada banyak aplikasi, baik itu aplikasi web, mobile, desktop ataupun lainnya.

Penyedia data yang telah membangun Web API memiliki keuntungan karena proses pengembangan aplikasi menjadi lebih efisien. Mengapa? Karena cukup dengan satu Web API, data dapat dikonsumsi pada berbagai macam platform seperti yang sudah disebutkan di atas.

Pada ilustrasi di bawah, dijelaskan bahwa Web API bekerja menggunakan pola standar yaitu REST (Representational State Transfer). Pola inilah saat ini banyak digunakan karena simpel dan mudah dipelajari dari pada pola yang lainnya. Jenis data yang diterima atau dikirimkan pada pola REST dapat berupa format text, JSON atau XML.

Pola REST sepenuhnya menggunakan HTTP dalam transaksi datanya. Sehingga untuk berkomunikasi dengan Web API ini, client (aplikasi) harus membuat HTTP request pada endpoint (URL) yang telah ditentukkan. Biasanya penyedia data juga menetapkan HTTP Request Method yang berbeda pada setiap endpoint-nya.

Terdapat banyak tipe/method dalam melakukan HTTP Request, namun terdapat 4 (empat) method penting yang biasanya digunakan pada Web API dalam melakukan transaksi data.







Banyak penyedia data yang menyediakan Web API secara cuma-cuma atau dapat dikonsumsi umum. Namun ada juga penyedia data yang membangun Web API yang hanya digunakan untuk keperluan internal saja.




Posting Komentar

0 Komentar